CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Kamis, 19 Juni 2008

SEMINAR MENGELOLA KEUANGAN DALAM KARIR DAN KELUARGA BY SAFIR SENDUK DI IPMOMI PAITON (PART 1)

Sebelum mengikuti seminar Safir senduk aq masih ragu untuk mengikutinya karena tngl 14 Juni tersebut anakku yang pertama ada tes penelusuran bakat masuk smp yang kemungkinan orang tua juga ikut di tanya2. Setelah dipastikan bahwa tidak ada wawancara untuk orang tua sehari sebelum seminar aq cari tiket(harganya 15 rb), dan akirnya Alhamdulillah dapat tiketnya.Acara dijadwalkan mulai pukul 08.00, tetapi sampai pukul 09.00 Bpk Safirnya belum datang juga. Tepat pukul 09.15 acara dimulai dengan sambutan2......dan di belakeng peserta seminar sudah dpt di lihat Bpk Safir.....
Awal acara p Safir mulai dengan pembawaan yang kocak n setelah tak perhatikan beliau nampak lebih muda daripada di TV atau fotonya di koran or majalah.
Pada awalnnya p Safir memberitahukan tentang pentingnya mengelola keuangan keluarga dan bla...bla....Lalu beliau memberikan langkah2 atau cara yang pas dlm mengelola keuangan. Ada 3 langkah yang harus dilakukan:

I. MILIKI DAN TETAPKAN SEBUAH SISTEM

II. KUASAI 5 HAL DALAM SISTEM ANDA

III. HATI-HATI DENGAN UTANG

Kemudian masing2 peserta di suruh menuliskan di kolom yang sudah di sediakan mengenai harta produktif yang telah dimiliki paserta. Harta produktif tersebut misalnya rumah hak milik, tanah hak milik, berbagai asuransi,tabungan pendidikan untuk anak2,simpanan emas batangan, jamsostek, dana pensiun, reksadana, saham. Mengapa beliau menyuruh peserta menulis demikian karena dengan mengetahui kekayaan kita tersebut indikasi bahwa kita sudah dapat atau bisa mengelola dengan baik dan benar, karena sebanyak apapun penghasilan kita kalau kita tidak pandai mengelola akirnya kita tidak dapat memenuhi pendidikan anak2 kelak, kehidupan hari tua, dan lain2.

Kemudian beliau menjelasakan 3 hal tersebut diatas dan dijelaskan secara terperinci sebagai berikut:

Langkah I
"MILIKI DAN TETAPKAN SEBUAH SISTEM"

Hal pertama yang harus anda lakukan agar anda bisa mengelola lkeuangan anda dengan baik, adalah dengan memiliki dan menetapkan sebuah sistem yang akan anda gunakan dalam keuangan keluarga. Apa maksudnya sistem? Sistem disini adalah bagaimana pola keuangan yang bisa anda lakukan dalam keluarga anda. Sistem itu bisa digambarkan dalam bentuk bagan yaitu:

1. Kalau sebuah keluarga mendapatkan penghasilan 3 jt. dalam 1 bulan, dengan anggota keluarga 4 orang terdiri dari Bapak Ibu dan 2 anak. Tetapi pengeluaran keluarga tersebut juga 3 jt. dalam 1 bulan maka kelurga tersebut dalam katagori MISKIN.

2. Kalau dalam satu keluarga dengan anggota 4 orang terdiri dari bapak ibu dan 2 anak dalam 1 bulan mendapatkan penghasilan 3 jt., kemudian yang Rp. 750.000 dipakai untuk membeli atau mencicil barang2 konsumtif seperti baju, sepeda montor, elektronik dan yang Rp.2.250.000,- untuk kebutuhan sehari hari maka keluarga tersebut katagori keluarga PAS-PASAN ATAU MENENGAH.

3. Kalau anggota dan pendapatan 1 keluarga sama seperti di atas tetapi pengeluarannya untuk seperti ini Rp. 750.000,- untuk membeli atau mencicil barang konsumtif, Rp. 500.000,- untuk membayar cicilan rumah, menabung, membayar asuransi,menabunbg di bank. Kemudian yang Rp. 1.750.000,- untuk pengeluaran sehari hari maka keluarga tersebut bisa disebut keluarga yang KAYA.
UNTUK MENJADI KAYA HARUS DIBIASAKAN DIRI MENABUNG

KESIMPULAN :

KEKAYAAN TIDAK DITENTUKAN OLEH BESARNYA GAJI ANDA TETAPI DARI SEBERAPA BANYAK HARTA PRODUKTIF ANDA.

Udahan.....dulu ya kapan2 dilanjutkan ngantuk berat nih.....

0 komentar: