CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 08 Oktober 2008

MUDIK HARI KE EMPAT

Hari ke empat kita lanjutkan Siltum ke saudara2 yang lain...maklum saudara bapak saya ada 9 orang dan hanya dua orang yang menetap di lain daerah...jadi mesti banyak yang harus didatangi. Kalau saudara ibu saya cuman 2 dan sudah meninggal 1 orang. Bapak dan ibu saya asli Padangan Bojonegoro jadi keluarga besar dari ibu maupun bapak kumpul semua.

Selesai Siltum kita berburu makanan ringan asli daerah saya...
Yang paling khas daerah Padangan itu yaitu ledre pisang raja, seperti kue semprong tapi bahan dasarnya pisang raja dan tepung terigu,gula. Rasanya gurih dan sedikit manis....kalau dimakan kres..kress..gitu. Daerah Bojonegoro khususnya Kec. Padangan adalah sentra ledre yang dipasok kemana mana. Untuk mendapatkan ledre yang benar2 baru kami punya langganan yaitu pak Arif, Pernah kami mencoba beli dilain tempat kok agak melempem.
Dulu ukuran ledre memanjang sekarang ada juga yang ukuran mini.

Tak lupa beli makanan kecil kesukaan suami yaitu jagung yang sudah melalui proses direbus dibumbui dan digoreng, kalau didaerah saya namanya marning. Banyak merk yang ada tapi kami bisa beli yang berlabel kereta api. Sekilas kalau dilihat wujudnya keras..tapi begitu dimakan empuk dan dominan gurihnya.


Kecap can Laron ini sangat terkenal di daaerah Bojonegoro dan sekitarnya, sebetulnya pabriknya di Tuban. Rasa kecapnya manisnya gak seberapa dan sekarang ada yang dikemas dalam plastik jadi mudah kalau dibawa kemana mana.
Pada waktu mudik kemarin kami juga sempat menikmati makanan2 tradisional seperti..gethuk,tiwul dan masih banyak lagi, sayang lupa ambil fotonya saking asyiknya ketemu makanan2 waktu kecil saya.




0 komentar: