CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 15 Agustus 2008

PERPANJANGAN STNK BY DRIVE THRU HANYA 7 MENIT

Nih.... hari kegiatannya nyonya agak lumayan padat, harus perpanjang STNK, rapat 17 an, panitia carnaval housing by becak. Kaget ya...lha pengacara nih...gitu. Untuk acara yang pertama perpanjangan STNK agak2 berat untuk berangkat karena biasanya acara ini lama dan jenuh kalupun ingin cepat kita biasanya harus pakai calo dan itu berarti uang yang kita keluarkan harus lebih banyak. Sebelumnya saya sudah mendengar cerita2 teman kalau sekarang untuk mengurus STNK dan SIM cepat dan murah, tapi yah...karena belum mengalami kemudahan tersebut dan seringkali agak susah dalm mengurusnya makanya nih..hari kami ingin membuktikan kemudahan pengurusan tersebut. Sebelumnya pengurusan STNK untuk Kab. Probolinggo berada di Probolinggo nah..untuk tahun ini pindah ke Kraksaan. Waktu saya datang akan masuk kantor ini wuih...lumayan luas juga nih kantor barunya dan lumayan bersih.
Inilah kantor SAMSAT PROBOLINGGO.
Begitu masuk pintu gerbang kantor SAMSAT yang kami cari langsung ketemu lha..ini mau nyoba Drive thru (bukan hanya Mcd aja yang punya sistem ini)....tapi agak ragu2 kami akan mengarahkan apa benar ini karena kok masih sepi, apa kami yang kepagian karena kami datang jam 9 pagi.

Begitu kami sampai loket sudah ada petugas yang menyambut kami dengan ramah dan menyambut dengan ucapan "selamat pagi pak, bisa saya bantu?,"kemudian kami menjawab apa benar bisa mengurus STNK dengan cara drive thru. Petugas tersebut mengatakan bisa asal segala persayaratan2 terpenuhi yaitu STNK, KTP, BPKB.

Dengan sopan petugas tersebut keluar dari loket dan mengampiri kami untuk meminta kelengkapan syarat2 pengurusan STNK tanpa kita turun dari mobil, kira2 3 menit Petugas menyerahkan kelengkapan surat2 setelah memeriksa juga discanner untuk dicocokkan keasliannya. Kemudian kami dipersilahkan untuk menuju loket selanjutnya untuk pembayaran.

Loket pertama ini disebut loket pengesahan.
Di loket kedua ini kami membayar pajak kendaraan kami. Waktu kami mengambil foto ini petugas menanyakan "untuk apa mbak difoto2?,'' lalu saya jawab "pak kalau hasil pelayanan pengurusan ini memuaskan akan saya masukkan internet", maksud saya ya blog saya. Setelah terjadi pembayaran dan penelitian keabsahan hasil STNK maka STNK baru sudah ada ditangan dalam waktu 4 menit. Jadi total pengurusan ini hanya 7 menit.


Di lotek ke dua ini ada tempelan seperti ini.

Lolet ke dua ini disebut loket pembayaran/penyerahan.
Dan inilah hasilnya...
Dari pengalaman mengurus perpanjangan STNK tersebut reformasi di SAMSAT sungguh membanggakan. Waduh...lalu saya membayangkan kalau semua urusan administrasi publik/umum seperti ini begitu menyenangkan karena kita hemat waktu, hemat uang dan yang pasti tidak membosankan. Saya sangat bangga dan mengacungkan du jempol untuk SAMSAT PROBOLINGGO.....berhasil melayani masyarakat dengan memuaskan, tetapi masih ada PR nya yaitu belum banyak yang tahu ada program Drivethru berarti harus mensosialikan lebih luas di masyarakat luas karena semua masyarakat berhak untuk mendapatkan program pelayanan ini.









0 komentar: